PERTANYAAN DAN JAWABAN
Apa pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan Anda?
Suasana yang positif di lingkungan membuat kita merasa aman dan nyaman, sehingga kita dapat melakukan pekerjaan kita dengan senang dan penuh semangat. Selain itu, siswa juga dapat belajar dengan nyaman, sehingga ia lebih dekat untuk meraih prestasi.
Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, bagaimana Anda dapat menciptakan suasana positif di lingkungan Anda selama ini?
Mengikuti program sekolah yang mana telah disusun untuk membantu perkembangan peserta didik. Selain itu, sebagai seorang pendidik, saya juga memberi teladan yang baik, membudayakan 5S, serta sabar dalam menghadapi peserta didik yang beraneka ragam.
Apakah hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?
Hubungannya yaitu dengan terciptanya suasana yang positif, maka secara otomatis akan membuat murid belajar dengan aman dan nyaman. Secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa pembelajaran telah berpihak kepada murid.
Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu diperbaiki dan dikembangkan?
Disiplin di sekolah sudah diterapkan dan sudah efektif, meskipun masih ada beberapa siswa yang belum disiplin. Hal yang perlu diperbaiki yaitu komitmen guru dalam menegakkan kedisiplinan secara bersama-sama.
Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang memiliki pengaruh pada warga sekolah, terutama murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Harapan saya, dengan mempelajari ini kemampuan saya dam memanajemen pembelajaran dapat lebih berkembang.
Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Saya ingin melihat murid-murid yang memiliki akhlak yang baik, menerapkan 5S, serta memiliki keterampilan berbicara dan menulis yang baik.
Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Kegiatan yang berhubungan dengan materi teori kontrol, konsep makna disiplin, keyakinan kelas, hukuman dan penghargaan, 5 kebutuhan dasar manusia, restitusi dengan 5 posisi kontrol guru serta segitiga restitusi.