Pertanyaan pemandu: Apa saja hal yang bekerja secara alami pada diri seorang manusia dan mempengaruhi bagaimana manusia dalam berperilaku?
Jawaban: Hal yang bekerja secara alami dan mempengaruhi tingkah laku manusia yaitu pikiran atau nalar kita.
Pertanyaan:
Bagaimana Bapak/Ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? Mengapa demikian?
Menurut Bapak/Ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak? Mengapa demikian?
Jawaban:
1. Saya memahami bahwa semuanya (cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak) saling berkaitan dan sangat berpengaruh pada nilai-nilai hidup seseorang. Karena dalam menjalani hidupnya, seseorang pasti juga tidak lepas untuk mempelajari nilai-nilai yang sudah ada di sekitarnya.
2. Hal-hal yang perlu dikuatkan dalam diri GP adalah nilai-nilai seperti mandiri, inovatif, kolaboratif, dan seterusnya.
Pertanyaan pemandu: Apa makna dari pernyataan: manusia merdeka adalah manusia yang berdaya dalam memilih dan mereka termotivasi dari dalam?
Jawaban: Manusia merdeka adalah manusia yang memiliki kemauan dan kebebasan untuk mengembangkan dirinya menuju manusia yang paripurna.
Pertanyaan:
Manakah dari nilai-nilai Guru Penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik?
Tindakan spesifik apa yang dapat dilakukan untuk menguatkan diri Bapak/Ibu sendiri untuk memberdayakan murid dalam memilih jalan kodratnya sekaligus menguatkan tumbuhnya motivasi intrinsik mereka dalam mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila?
Jawaban:
Nilai-nilai guru penggerak yang dikuatkan yaitu: berpihak pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif, serta inovatif.
Sabar dalam menghadapi keberagaman peserta didik.Setiap individu berbeda, maka kita perlu terus belajar untuk memahami karakter peserta didik.
Pertanyaan pemandu: Bagaimana struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang?
Jawaban: Malakukan pembiasaan menerapkan dengan konsistensi ketika menanamkan nilai-nilai tersebut dalam setiap kesempatan. Butuh waktu yang lama untuk membentuk karakter seseorang, sehingga kegiatan itu harus dilakukan secara berulang-ulang.
Pertanyaan:
Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?
Apa konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak dalam transformasi pendidikan?
Jawaban:
Dalam menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila (Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis), seorang guru juga perlu menyelami sisi-sisi dari siswa yang tidak terlihat dari luar (diagram gunung es) untuk nelihat karakter siswa. Selanjutnya, guru dapat memberi teladan dan melakukan pembiasaan.
Peran saya yaitu membawa perubahan dalam pendidikan agar pendidikan dapat membawa kebahagiaan dan keselamatan bagi para siswa dengan menerapkan dan menduseminasikan hasil pelatihan guru penggerak.
Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
Satu dari nilai-nilai GP yang paling membantu saya dalam melayani murid dengan lebih baik adalah mandiri. Kita tidak selamanya dapat bergantung kepada guru lain untuk melaksanakan kewajiban kita sebagai guru. Kemandirian ketika mengajar maupun menyiapkan alat dan bahan pembelajaran (laptop, LCD, bahan ajar, dan seterusnya) sangat diperlukan. Untuk menciptakan kondisi yang nyaman ketika pembelajaran, saya secara mandiri juga selalu belajar. Jika ada hal-hal baik yang kita peroleh, maka itu patut untuk dicontoh dan dicoba untuk diterapkan di kelas.
Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
10 Kegiatan Sekolah
1) Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas
2) Kegiatan Rapat Guru
3) Kegiatan Koordinasi Wali Kelas
4) Kegiatan Pembinaan Wali Kelas
5) Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
6) Kegiatan Upacara Bendera
7) Kegiatan Sholat Jumat
8) Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
9) Kegiatan Bela Negara
10) Kegiatan Riyadhah Ramadhan